Melawan Virus Dengan Folder

THE-XP-Sebelumnya saya mohon maaf kepada semua karena akhir-akhir ini saya kurang aktif ng-blog.selain karena belum dapat paket internet yang cocok dengan kantong juga dikarenakan sibuk di dunia nyata (curhat sedikit).Pada Kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing tentang Melawan Virus Dengan Folder,Pengalaman saya waktu On The Job Training di industri di sebuah lembaga Pelatihan Komputer.waktu itu saya buka-buka sebuah komputer ternyata drive C di pasang deepfreeze tetapi kok masih deepfreeze 5 ?mudah di bobol kalau begitu ^_^,malah membicarakan deepfreeze,mari lanjut ke topik kita saya membuka drive D sebuah computer dan sebuah penampakan yang tidak mengenakkan ada di depan mata,tuan smadav lagi beraksi nih….lihat gambar di bawah ini.

Smadav mendeteksi adanya virus New Heur Level (9).tetapi walaupun sudah di bersihkan oleh smadav dan delete manual virus tersebut masih tetap bertengger ria di sana.saya coba membuka Command Prompt (CMD).saya masuk pada drive D.saya coba membuat folder dengan nama persis seperti nama virus tadi yaitu yvmss.exe dengan cara md yvmss.exe.diamkan sejenak jangan tekan enter terlebih dahulu,tapi sebelumnya harus mendelete virus di drive D secara manual dengan cara shift+delete pada virus tersebut dan secepatnya kita masuk command prompt dan tekan enter.catatan:tapi perlu di ingat waktu akan menghapus pastikan tidak sedang berjalan diproses virus tersebut,untuk melihatnya buka task manager (CTRL+SHIFT+ESC atau bisa juga CTRL+ALT+DEL).kalau sedang berjalan kill saja prosesnya lalu shift+delete cepat-cepat tekan enter di command prompt.lihat gambar untuk jelasnya.
Agar folder yang dibuat tadi aman maka kita buat menjadi system,tersembunyi,dan read-only pada folder tadi dengan cara ketik attrib +s +h +r yvmss.exe lalu tekan enter pada command prompt.nanti folder yang kita buat tadi sudah tidak kelihatan lagi di explorer.setelah saya selesai ternyata virus yang tadi tidak kembali lagi dan smadav tidak mendeteksi kembali.tapi saya tidak yakin 100% bersih karena PC tersebut hanya menggunakan Anti Virus Smadav saja,tidak menggunakan Anti Virus yang Luar Nageri seperti Avira,Norton,Avast,Kaspersky,Bit Defender atau yang lain. -->[MELAWAN FILE DENGAN FOLDER]


Selain itu flasdisk saya pernah di pinjam teman saya,setelah dikembalikan saya colokkan PC langsung saya masuk ke command prompt terlebih dahulu,tidak membuka explorernya.setelah saya masuk pada drive flasdisk saya.saya asumsikan di PC tersebut flasdisk saya berletter E jadi pada jendela command prompt ketikkan e: lalu enter.lihat apa-apa saja yang ada di dalamnya,ketikkan dir lalu enter.untuk melihat apa-apa yang tersembunyi ketikkan dir/ah lalu enter.waktu itu saya menemukan folder RECYCLER.langsung saya delete folder recycler tersebut karena biasanya berisi ratusan bahkan ribuan virus,teman pernah mengalami..ketik rd/s RECYCLER lalu enter dan tunggu beberapa second,proses penghapusan sedang berlangsung,setelah selesai saya membuat sebuah file yang bernama RECYCLER dengan cara ketik copy con RECYCLER lalu enter,setelah itu tekan CTRL+Z dan enter,maka akan ada konfirmasi "1 file (s) copied" kita sudah membuat file RECYCLER untuk selanjutnya kita ketikkan lagi attrib + s +h +h RECYCLER dan tekan enter,lalu fungsi dari rd/s sendiri menghapus sebuah folder sampai ke sub-sub foldernya.setelah di hapus saya scan dulu dengan Anti Virus yang terupdate rutin sebelum saya membuka flasdisknya.

Selain RECYCLER ada juga autorun.inf.kalau autorun.inf setelah anda hapus anda bisa memanfaatkan Smadav.jika tidak bisa di hapus coba masuk command prompt,masuk drive flasdisk yang dimaksud.ketikkan attrib –s –r –h autorun.inf lalu enter,setelah itu coba ketikkan rd/s autorun.inf lalu enter.setelah berhasil anda eject flasdisk anda.masukkan lagi jika ada tampilan smadav “Do You Want to Add a protection to your flash disk (more immune from virus infection)?”.klik OK maka flashdisk anda sudah ada perlindungan autorun buatan smadav. -->[MELAWAN FOLDER DENGAN FILE]

Jadi "musuh" anda itu file maka lawanlah/buat dengan folder seperti cara di atas,sebaliknya jika "musuh" anda itu folder lawanlah dengan file.file maupun folder yang dibuat jangan lupa attributnya dibuat menjadi system(+s) hidden (+h) dan read only (+r).

Untuk anda yang masih bingung dengan perintah-perintah di command prompt bisa ketikkan help,jika ingin tahu lebih lanjut mengenai suatu perintah,misalnya perintah dir anda bisa ketikkan dir/? lalu enter.
Jika ada kata-kata yang kurang jelas mungkin dapat di tanyakan di dalam komentar..
Sekian dan semoga bermanfaat.salam .::THE-XP::.

83 comments for "Melawan Virus Dengan Folder"

  1. info bermanfaat gan,tapi masih tahap belajar jadi masih nyak nyuk heheh,makasih bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sobat....thaks dah berkunjung ke sini sob..semua butuh proses sob..kalau mau instan ya sulit..:)
      salam sukses selalu untuk anda sobat..:)

      Delete
  2. Numbero UNO sob...Infonya mencerahkan nih,,ijin menyimak ya..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sob dicoba..semoga bermanfaat abgi anda ya sob..:)silahkan disimak biar berguna..terima kasih sobat

      Delete
  3. Agak kurang Jelas bang, di jelasin secara detail donk bang, Di flashdisk saya kayannya banyak virusnya, soalnya pas saya colok Antivirus saya ngedeteksi Virus di flasdisk saya, tapi tidak di ketahui Lokasinya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saya bisa menjelaskan yang lebih detail sob..bagian yang mana yang kurang jelas sob...??
      kalau mau colokkan jika ada PC linux lebih bagus sob..tinggal delete saja secara manual...kalau tidak ya pake command prompt dari ms-windows...:)jangan langsung buka flasdisknya.

      Delete
  4. di komputer kantor banyak bnget virusnya, wahh perlu dicoba ni sob, makasi telah berbagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang tidak ada anti-virus ya sobat yang terinstal di kantor anda?kalaupun ada anti virus setidaknya rutin di update sob...terima kasih sudah berkunjung sob..

      Delete
  5. Replies
    1. oke sobat....selamat kenal juga ya dari THE-XP...semoga bermanfaat berkunjung di blog saya sob..:)

      Delete
  6. Replies
    1. terima kasih sob atas kunjungan anda di blog sederhana saya ini...:)

      Delete
  7. waw keren nih sob bisa di coba nih praktek........

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba gan....sekalian bisa tahu command prompt juga :)...terima kasih

      Delete
  8. Replies
    1. siap gan....thanks atas kunjungan anda disini sobat....keep spirit

      Delete
  9. makasih sob shareny.... moga bermanfaat.

    salam sukses n semngat selalu^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga sob atas kunjungan anda di sini...salam sukses selalu untuk anda sobat:)

      Delete
  10. Replies
    1. iya sobat..terima kasih juga atas kunjungan anda disini...:)

      Delete
  11. Nice share sobat.
    Info yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sobat...terima kasih atas kunjungan anda di blog sederhana ini...semoga bermanfaat bagi anda :)

      Delete
  12. Sangat bermangfaat neh sob soalnya saya sering piara virus dan klo dah full virusnya lgsng install ulang lagi ehehehee, kali ini mau coba tipss di atas neh.. makasih yah sobb

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya saya menulis ini hanya sekedar iseng saja sob..kalau PC anda sebaiknya di pasang anti virus sobat....atau setidaknya pasang deepfreeze atau aplikasi sejenisnya...jangan nunggu samapai banayk virusnya gitu ..nanti bisa-bisa file-file penting anda terinfeksi sama virus..kan repot sendiri..dan update selalu anti virus anda

      Delete
  13. Hati hati memainkan attribe +s +r +h.
    Soalnya virus biasanya juga memainkan itu.
    Andalanku tetep pakai killer machine bozz. Tapi sangat berbahaya kalau tidak mengerti jenis virus. Soalnya killer machine juga bisa menghapus beberapa system komputer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sob sebuah virus pastilah menggunakan fungsi attrib..saya belum pernah memakai killer machine sob...apakah itu sejenis aplikasi pembasmi virus atau bagaimana?tetapi jika killer machine itu termasuk file executable dan saya asumsikan sebuah PC sudah terinfeksi virus dan kita ingin menggunakan killer machine tersebut apakah tidak akan ikut terinfeksi sob??biasanya kalau PC yang sudah terinfeksi virus mau di instal anti virus biasanya tidak bisa sob..mungkin bisa access denied atau sejenisnya...kecuali jika sudah terinstal anti-virus sebelumnay dan jarang atau tidak pernah di update..kata-kata saya membingungkan nih..:D

      Delete
  14. Wah Keren !! jadi nggk perlu lagi Melawan Virus dengan Instal ulang hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang anda selalu langganan instal ulang ya sob??apakah anti virus anda tidak mampu mencegah virus masuk ke system sob??makanya selalu update snti-virus,dan matikan autorun pada windows sob..):

      Delete
  15. berkunjung disini kawan. Nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sob..terima kasih atas kunjungan anda disini semoga bermanfaat

      Delete
  16. mantep kang.. lengkap.. bisa di praktekan dah sama DS

    salam dan suport kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak kekurangan sob...saya hanya seorang newbie yang ingin bisa...salam sukses selalu untuk anda sob:)

      Delete
  17. Wah agak rumit nih sob,,,
    nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sedikit rumit perintah-perintahnya sob..tetapi jika sudah paham akan terasa mudah,,mari belajar bersama :)
      salam blogger

      Delete
  18. bagus betul, mengeksperimennya berbakat jadi hacker, seharusnya pihak Perusahaan tersebut beritahu sebaiknya bagaimana merwat komputer agar kagak penuh dg virus sehingga informasi yang anda sebutkan disini bermanfaat bagi mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho kok samapi hacker-hacker segala sob?oke sob...PC nya sudah di tangani kok sob..:)
      terima kasih sudah berkunjung di blog saya sob :)

      Delete
  19. salam kenal sob.., klo berkenan kita tukaran link yaa..., link sobat dah aq pasang.., terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga sobat...silahkan sob..terima kasih atas kunjungan dan kerja samanya sobat..:)

      Delete
  20. nice sob sobat :),
    mantep abiss postingannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sobat..silahkan lihat lihat di blog sederhana saya
      ..terima kasih sob

      Delete
  21. hehe cara mengatasi virus yang keren sob ^^

    dutunggu komen2nya di blog saya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..cuma sekedar share saja sob..kali aja bisa berguna...oke sobat...saya akhir-akhir ini sibuk jadi belum sempat berkunjung dan memberi komentar..nanti setelah tidak begitu sibuk saya akan berkunjung sob...salam blogger :)

      Delete
  22. wah kren nih bisa lawan virus dengan foder ajib
    nice post masbro

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sobat...saya hanay sekedar berbagi dan belajar sob...terima kasih sudah berkunjung sob...:)

      Delete
  23. Saya pake Deep Freeze 7 untuk melindungi kompie dan Mas Smadav jd pengawal lokalnya. :)

    Nah, utk ngutak-ngutik command prompt saya memang belum begitu mengerti. Tapi saya akan praktekin share yg diatas. Nice share, followed n happy blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak memakai anti virus manca ya sob..?mas smadav juga cukup mahir kalau suruh atasi virus lokal sob..tetapi kurang ahli dalam mengatasi virus seperti ramnit,sality,virut,dan sejenisnya....deepfreeze juga menjadi solusi alternatif untuk mengamankan PC sob..jika ingin belajar cari tutorial di google tentang command prompt pasti banyak sob..salam sukses selalu untuk anda :)

      Delete
  24. Bener tuh yg hapus RECYCLER sama Autorun.inf...
    soalnya kadang2 malah jadi tongkrongannya virus, kalo flashdisk saya biasanya saya buka lewat linux dulu (apalagi kalo habis ditancepin di komputer lab sekolah atau warnet) terus hapus 2 barang itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau PC anda dual boot linux dengan windows kan enak sob...terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana saya ini sob :)

      Delete
  25. wah lengkap tutornya nie, tapi saya berharap tidak untuk memperaktekanya, klo saya peraktek. berarti kena firus dong.. engaa ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sangat kurang gan..saya cuma share yang saya punya sob...kan bisa untuk pembelajaran sob...salam blogger

      Delete
  26. saya simpan dulu ya mas, ntar klo kenapa napa, saya bisa pake ini. makasih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sob...semoga bermanfat bagi anda....terima kasih atas kunjungan anda disini..

      Delete
  27. Replies
    1. oke sob..saya sekedar berbagi saja...semoga bermanfaat sob..

      Delete
  28. jadi ini cara manual atasi virus y tanpa adanya bantuan antivirus y...

    thanks for share

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh itu saya cuma iseng sajasob...kalaubasmi virus ya belummampu..newbie mode on

      Delete
  29. boleh juga dicoba nih....PC ane ad virusnya....OK sob makasih ilmunya........salam sukses buat sobat

    ReplyDelete
  30. waaah, kayaknya lama ga buka blog niih

    ReplyDelete
  31. informasi terbaru ni,, maaf baru Aktif ngeblog,, soalnya lagi banyak urusan nih,, he..he..he..:D
    sukses selalu buat the-xp

    ReplyDelete
  32. sebenernya saya belum pernah menggunakan smadav, soalnya saya pake microsoft security esentails
    lebih enak gitu :D
    semoga berguna deh buat yg lainnya

    ReplyDelete
  33. Berkunjung Mas, menunggu postingan terbaru?

    ReplyDelete
  34. Wah, ane malah baru tau nih, hebat sobat nih, ane coba ah, terima kasih ya, hehehe, maap juga baru bisa dateng sob

    ReplyDelete
  35. follback sukses sob...
    maaf ya agak lama, ^^

    wah, mantap ni triknya sob.. thanks ya..

    ReplyDelete
  36. wow bermanfaat nih..thx sharingnya ea tar dicoba skalian follow blog ini #81, FB#78..folback ea thx

    ReplyDelete
  37. @pasar herbal:oke kawan..sama-sama..salam kompak selalu :)

    @Yuyud:oke absen diterima sobat..
    saya memang sudah lama tidak blogwalking kawan.. :)

    ReplyDelete
  38. @Fitrian Nuraini:oke sobat..saya juga jarang buka blog sekarang ini...

    @nando Cyber4rt:oke kawan..semua AV bagus asalkan rutin di update

    ReplyDelete
  39. @Mas Blues:oke teman

    @filosofi Rambut:oke teman..saya akan posting terbaru...ditunggu saja

    ReplyDelete
  40. @fahri Samudra:oke kawan..semoga bermanfaat bagi anda

    @yuyud:oke sobat..terima kasih kunjungannya

    ReplyDelete
  41. @V-mediaKom:oke kawan..terima kasih sudah berkunjung

    @Yuyud:sekarang sudah posting terbaru kawan..hehe

    ReplyDelete
  42. @VENOMIA:oke kawan..terima kasih

    ReplyDelete
  43. trims' info yang menarik sobat

    ReplyDelete
  44. agak bingung tapi di falshdisk susah ilang Receyler itu

    ReplyDelete
  45. Artikel yang sangat membantu, salam kenal

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Berkomentar jika ada pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas..

NO SPAM,SARA.PORNO,DAN KOMENTAR KASAR SEJENISNYA TIDAK AKAN DITAMPILKAN !!