Fungsi Jaringan Komputer

1. Definisi Jaringan Komputer dan Fungsi dan Tujuan Jaringan

Fungsi Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node.

Menurut Tannebaum (1981) jaringan komputer adalah an interconnected collection of autonomous computers (suatu kumpulan interkoneksi dari komputer-komputer yang otonom). Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CD-ROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.
2. Fungsi dari Jaringan

Membagi sumber daya

Jaringan computer dapat digunakan sebagai sarana untuk membagi sumber daya. Sumber daya tersebut bisa berupa printer, atau sumber daya berupa data-data, software. Dengan adanya jaringan computer maka sumber daya dapat dikurangi

Reliabilitas tinggi

Jaringan computer memungkinkan kita untuk mengkopi data-data ke dua atau tiga computer, bahkan lebih. Dengan demikian apabila computer salah satu computer rusak, data-data yang didalamnya hilang, kita masih dapat menggunaakan data yang tersimpan di computer lain.

Menghemat uang

Dengan menggunakan jaringan computer,perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan computer, satu printer dapat di gunakan oleh lebih dari satu computer.

Sarana komunikas

Jaringan computer dapat dimanfaatkan untuk komunikasi misalkan memberikan pengumuman rapat kepada karyawan, jadi pimpinan tidak perlu repot mencetak pengumuman. Pimpinan tinggal mengirimkan pengumuman kepada karyawan dengan jaringan computer

3. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

Membagi sumber daya, misalnya membagi printer, CPU, memori, ataupun harddisk.
Komunikasi, misalnya e-mail, instant messanging, chatting.
Akses informasi, misalnya web browsing. ( http://ID .wikIPedia.org/wiki/Jaringan_komputer ) Menurut Lukas, berdasarkan arah transmisinya, komunikasi data mungkin berupa simplex, half-duplex, atau full-duplex. (Lukas,2006):.
Simplex Pada simplex, signal hanya ditransmit satu arah saja dimana satu stasiun sebagai pemancar dan yang lainnya sebagai penerima. Pada sistem ini aliran data hanya dapat terjadi ke satu arah saja.
.Half-duplex Dalam operasi ini, kedua stasiun mungkin melakukan pengiriman, tapi tidak bisa bersamaan melainkan beroperasi gantian. Pada sistem ini aliran informasi dapat terjadi kedua arah tetapi tidak dapat bersamaan.
Full-duplex Dalam operasi full duplex, kedua stasiun mungkin mentransmisi secara serentak. Pada sistem ini aliran dapat terjadi kedua arah pada saat yang bersamaan. Sistem ini dapat terjadi hanya menggunakan sebuah saluran komunikasi data atau dengan menggunakan dua saluran komunikasi data.


Sekian artikel tentang Fungsi Jaringan Komputer,semoga bermanfaat.

21 comments for "Fungsi Jaringan Komputer"

  1. terima kasih banyak informasinya,
    salam sehat, semoga selalu sukses...

    ReplyDelete
  2. ikut numpang belajar sob, semoga bisa saling melengkapi

    ReplyDelete
  3. lama ga maen kesini nie...
    gimana kabarnya sob?hahaha..

    ReplyDelete
  4. Jadi begitu fungsinya ya kang??

    ReplyDelete
  5. @ilmu komputer OKe,,sama-sama kawan,,semoga saling melengkapi :)

    ReplyDelete
  6. minta follow nya ya... sekalian mampir ke http://asal-kamu-tau.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. info yang sangat bermanfaat gan, salam kenal dan salam blogger selalu

    ReplyDelete
  8. kita juga punya nih artikel mengenai jaringan komputer, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2516/1/109.pdf

    ReplyDelete
  9. @khazanah.info sama-sama,,semoga bermanfaat :)
    salam blogger

    ReplyDelete
  10. @angga terima kasih atas kunjungannya kawan :)

    ReplyDelete
  11. @yudha terima kasih,,bisa nambh buat referensi kawan :)

    ReplyDelete
  12. Thanks for sharing such an interesting post with us. You have made some valuable points which are very useful for all readers.
    Media buying houses | Media buying houses in Pakistan

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Berkomentar jika ada pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas..

NO SPAM,SARA.PORNO,DAN KOMENTAR KASAR SEJENISNYA TIDAK AKAN DITAMPILKAN !!