Biaya Pendaftaran SNMPTN 2013 Gratis

Biaya Pendaftaran SNMPTN 2013 Gratis | Penerimaan mahasiswa jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013 akan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. SNMPTN di tahun 2013 terbuka untuk semua siswa kelas III SMA/SMK/MA dan gratis.

Terdapat 3 (tiga) pola penerimaan mahasiswa baru di tahun 2013, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri (UM). SNMPTN diselenggarakan oleh pemerintah dengan kuota 50 persen, SBMPTN diselenggarakan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) dengan kuota 30 persen dan Ujian Mandiri oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri dengan kuota maksimal 20 persen.

Semua pelajar tingkat SLTA yang lulus ujian nasional punya kesempatan untuk untuk ikut. Jika pada tahun 2012 seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dilaksanakan dalam bentuk ujian tulis, maka pada 2013 menggunakan sistem penilaian rapor dan prestasi akademik lainnya selama belajar di SLTA.

“Untuk SBMPTN dan Ujian Mandiri tentu tidak perlu kita bahas dulu, kita membahas SNMPTN saja yang sudah pasti penyelenggaraannya,” papar Prof Dr Budi Prasetyo Widyobroto DEA DESS di Grha Sabha Pramana UGM saat berlangsung sosialisasi SNMPTN 2013 di hadapan kepala sekolah SMA/SMK/MA se-DIY.

Pada dasarnya, SNMPTN 2013 sistemnya hampir sama dengan SNMPTN jalur undangan pada 2012. Perbedaan terletak pada pihak sekolah yang akan merekomendasikan anak didiknya harus mengisi data sekolah dan siswa di Pusat Pangkalan Data Siswa dan Sekolah secara online.

“Batasan-batasan ini semakin longgar. Semua siswa berhak mendaftar sejauh mendapat rekomendasi dari sekolah, dengan begitu akses masuk ke perguruan tinggi negeri semakin terbuka,” jelasnya  lagi.

Demikian artikel mengenai  Biaya Pendaftaran SNMPTN 2013 Gratis.Semoga bermanfaat

No comments for "Biaya Pendaftaran SNMPTN 2013 Gratis"