Penyebab dan Cara Mengatasi Bad Sector Pada Harddisk Komputer

Penyebab dan Cara Mengatasi Bad Sector Pada Harddisk Komputer - Harddisk yang bad sector dapat menyebabkan komputer atau laptop tidak akan berfungsi secara penuh,hal ini bisa menyebabkan sistem operasi gagal beroperasi, kehilangan data-data penting, dan kegiatan game atau multimedia terhenti karena harddisk yang bad sector. Lalu apa saja Penyebab Harddisk Bad Sector?
Cara mengatasi harddisk bad sector lengkap

Penyebab Bad Sector pada Harddisk

  1. Penyebab pertama terjadinya bad sector pada harddisk anda bisa jadi karena dalam mematikan komputer/laptop tidak secara normal. Baiknya mematikan komputer/laptop dengan mengklik tombol shutdown dari sistem operasi anda. Jangan sekali-kali langsung cabut kabel power atau langsung menekan tombol power on-off pada saat komputer/laptop sedang beroperasi.
  2. Penyebab kedua mati listrik saat komputer sedang beroperasi, untuk anda yang tinggal di daerah rawan mati listrik dianjurkan menggunakan UPS. Untuk anda yang menggunakan laptop/notebook sebagai pc dianjurkan jangan melepas baterai anda saat menggunakan laptop/notebook, karena dapat merusak komponen laptop/notebook anda, untuk masalah baterai laptop/notebook anda dapat membaca artikel Controlling Battery Perlukah Melepas Baterai Laptop/Notebook?.
  3. Penyebab ketiga adalah jarangnya maintenance komputer/laptop. Sekali-kali lakukanlah maintenance pada komputer/laptop anda seperti defrag harddisk. Kenapa? Ibarat kamar anda yang selimutnya tidak pernah dirapikan alias berantakan. Sama seperti harddisk, kinerjanya dapat menurun.
  4. Penyebab keempat yaitu serangan virus. Serangan virus dapat menyebabkan merusaknya sistem operasi, virus yang dibiarkan dalam menyebabkan komputer sering hang dan restart paksa.
  5. Penyebab kelima yaitu umur harddisk. Jika menurut anda harddisk anda sudah cukup lama disarankan backup file anda sebelum kinerja harddisk menurun.
  6. Penyebab keenam adalah tegangan yang kurang/berlebihan. Jika tengangan power supply normal sesuai pemakaian komponen hardware dapat memperpanjang umur harddisk dan terhindar dari bad sector.
  7. Penyebab ketujuh yaitu human error (kesalahan manusia) seperti terkena air atau jatuh saat memberiskan komputer/laptop.
  8. Penyebab kedelapan tertarik medan elektromagnetik. Jika anda tidak menggunakan case pada komputer anda hindari penaruhan harddisk dari area yang mengandung magnet, seperti speaker, ponsel, dll.
Setelah proses perbaikan bad sector harddisk, masih terdapat bad sector maka kemungkinan besar harddisk anda sudah terlalu banyak bad sectornya.Maka anda perlu mencoba solusi alternatifnya yaitu membaca Panduan Cara Mengatasi Bad Sector Harddisk berikut ini


No comments for "Penyebab dan Cara Mengatasi Bad Sector Pada Harddisk Komputer"